Geliat Lampura

Disdik Lampura Akan Menerapkan Sistem Full Data School


Lampung Utara, www.lampungmediaonline.com – Pada tahun ajaran baru nanti (2017/2018) wacana tentang akan di tetapkannya full data school (FDS) Pihak Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Lampung Utara (Lampura) saat ini gencar melaksanakan sosialisasi program tersebut ke sekolah-sekolah yang ada di lingkup pemerintahan setempat.
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Lampura, Suwandi usai melakukan sosialisasi Permendikbud nomor 23 tahun 2017 tentang jam dan hari sekolah di SDN Way Lunik kecamatan Abung Selatan mengatakan, tidak semua sekolahan akan menerapkan sistem FDS. Semuanya tergantung dari kesiapan dan kemampuan masing-masing sekolah. ” Meski belum ada kepastian untuk menerapkan FDS, sebagai langkah antisipatif kami terus lakukan sosialisasi wacana tersebut agar pihak sekolah bisa tahu dan melakukan langkah-langkah persiapan menuju ke arah situ,” ujar Wandi (19/6).
Sosialisasi tentang FDS kata Wandi telah dilakukan di seluruh kecamatan yang ada. Sosialisasi dilakukan melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)  yang terbagi menjadi empat zona/DP. ” Kota sudah, Abung Kunang sampai Bukit Kemuning sudah. Saat ini di Abung Selatan dan beberapa kecamatan yang ada di DP3. Besok baru ke daerah Sungkai atau DP 2,” terangnya.
FDS menurut Wandi, memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang. Baik itu untuk orang tua murid maupun pihak sekolah. ” Orang tua harus memikirkan bekal lebih dan kesehatan anaknya. Begitupun Kepala Sekolah harus bisa menyediakan sarana dan prasarana pendidikan baik dalam kelas maupun luar kelas,” jelasnya.
Selain sosialisasi FDS, pihak Disdik Lampura juga mensosialisasikan Permendikbud nomor 82 tahun 2015  tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di lingkungan sekolah. Permendikbud nomor 17 tahun 2017 tentang pemerintahan siswa baru. ” Selain FDS kita juga mensosialisasikan program-program Bupati dalam bidang pendidikan gratis dan berkualitas. Juga kita inginkan agar kedisiplinan terus ditingkatkan di sekolah. Dan kita tugaskan bagi Kepala Sekolah agar memberikan pendidikan yang bisa membentuk karakter, budi pekerti dan jiwa nasionalisme dikalangan peserta didik,” pungkasnya.
Acara sosialisasi kali ini diikuti oleh 99 Kepala Sekolah Dasar  dari lima kecamatan (Abung Selatan, Abung Semuli, Abung Timur, Abung Surakarta dan Belambangan Pagar).  Tampak hadir dalam agenda tersebut, Sekretaris Disdik Lampura. Kabid Dikdas dan jajaran Disdik  setempat. (Khoiril/Arief)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top