Geliat Tulang Bawang

Tindaklanjut Listrik, Tim Survey Pertamina dan Bumdes Indonesia Kunjungi Dipasena

Tulang Bawang, www.lampungmediaonline.com – Upaya pengadaan listrik yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah Bumi Dipasena, Kecamatan Rawa Jitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, masih terus diperjuangkan pemerintah daerah bersama berbagai pihak terkait.
Salah satu yang sebelumnya seperti memberi kabar gembira bagi masyarakat setempat setelah bertahun-tahun belum jua menikmati aliran listrik pasca tidak ada lagi pihak perusahaan yang beroperasi di Bumi Dipasena, adalah adanya penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama (MoU) antara PT. Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Indonesia dengan PT. Pertamina (Persero) tentang pengembangan usaha energi bersih dan terbarukan, untuk menanggulangi kekurangan pasokan energi terutama listrik di wilayah pedesaan.
Dimana dalam penandatangan MoU pada akhir tahun 2016 lalu di Kantor Pertamina Jakarta itu, salah satunya juga menyepakati program pengadaan listrik pedesaan yang akan digulirkan di Kabupaten Tulang Bawang, dimulai dari Bumi Dipasena, Rawa Jitu Timur. Bahkan saat itu pihak Pertamina telah menyampaikan, pada tahap awal akan membangun daya listrik berkapasitas 60 Megawatt (MW) untuk disalurkan ke delapan kampung di Bumi Dipasena. Selain itu proyek ini, juga direncanakan akan dijadikan percontohan di Indonesia, yang ditargetkan dapat dilaksanakan pada akhir tahun 2017.
Namun demikian untuk mewujudkan proyek tersebut, pada prosesnya Pertamina dan Bumdes Indonesia sebelumnya akan melakukan kajian pasokan energi di Bumi Dipasena, yang bertujuan untuk merehabilitasi dan mengembangkan usaha tambak udang dan usaha lainnya yang ada di wilayah setempat.
Proses itupun, kini masih berlangsung. Diantaranya sebagai tindaklanjut dari pengadaan listrik tersebut, pada Selasa 16 Mei 2017 ini, Tim Survey dari Pertamina dan Bumdes Indonesia telah melakukan kunjungan langsung ke Bumi Dipasena, dengan didampingi oleh Wakil Bupati Tulang Bawang Heri Wardoyo,SH beserta sejumlah pejabat Satuan Kerja Pemkab Tulang Bawang terkait.
Dalam kunjungan survey lokasi itu, Tim Pertamina dan Bumdes Indonesia bersama Wakil Bupati, juga mengadakan pertemuan dengan Camat Rawa Jitu Timur, para Kepala Kampung, pengurus Perhimpunan Petani Petambak Udang Windu (P3UW) dan tokoh masyarakat setempat, yang digelar di Kantor P3UW Rawa Jitu Timur.
“Hari ini (16/5/2017), ada kunjungan dari Wakil Bupati Tulang Bawang, beserta Tim survey dari Pertamina Jakarta dan dari PT BUMDES Indonesia di pertambakan Bumi Dipasena Rawajitu Timur. Tindaklanjut kerjasama pengadaan listrik untuk pertambakan,” kata Nafian Faiz, Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya yang sekaligus Ketua P3UW, salah satu tokoh yang cukup gigih dalam memperjuangkan keberadaan listrik untuk masyarakat di Bumi Dipasena.
Karena menurutnya, masyarakat Bumi Dipasena selama ini sangat mengharapkan keberadaan listrik agar segera direalisasikan dan menjadi perhatian serius pemerintah dan pihak terkait, yang manfaatnya tidak hanya untuk memenuhi penerangan dan kebutuhan masyarakat sehari-hari, tetapi juga dalam upaya mendukung potensi dan pengembangan usaha pertambakan masyarakat menjadi lebih baik lagi, serta pada akhirnya juga diharapkan akan mendukung pembangunan wilayah Bumi Dipasena dan kesejahteraan masyarakat setempat.*** (fr/idahar)

Berita Terpopuler

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top