Geliat Lambar

LINMAS Pekon Diberikan Pelatihan Sebagai Bekal Untuk Menjalankan Tugas

Lampung Barat, lampungmediaonline.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Lampung Barat menggelar pelatihan terhadap satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) se-Kecamatan Belalau dan Batuketulis.  Pelatihan  yang digelar Rabu (10/8) tersebut dipusatkan di lapangan Tanjung menangg  Pekon Kenali Kecamatan Belalau.

Kastpol-PP Lambar  Burlianto Eka Putra, S.H., mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan guna mewujudkan personil Linmas Lambar yang handal dan Profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di wilayahnya. Selain itu  tujuan pelatihan ini adalah memberikan pembekalan bagi personil linmas yang ada di pekon/desa dalam melaksanakan tugas-tugasnya diataranya Siskamling, deteksi dini, pengamanan dalam penyelenggraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan peranan Linmas untuk membantu dalam penanganan bencana.

”Pelatih atau instruktur pelatihan  terdiri dari unsur Pol. PP dan Polres Lambar dengan peserta sebanyak 62 orang dari masing-masing utusan Pekon dari dua Kecamatan Belalau dan Batu Ketulis serta dibekali buku panduan pelatihan serta piagam,” ungkapnya.

Dijelaskannya, waktu pelaksanaan pelatihan ini dibagi dua tahap, yakni tahap pertama di gelar bulan April yang lalu dengan telah di laksakan di Kecamatan Gedung Surian, Kebuntebu, Sumberjaya, Way Tenong, Pagardewa, Airhitam dan Kecamatan Sekincau. ”Sedangkan pada tahap kedua pelaksanaan di bulan Agustus ini Kecamatan Balikbukit, Batubrak, Belalau dan Batuketulis kemudian untuk Kecamatan Sukau dan Lumbok Seminung akan kami gelar di akhir bulan Agustus nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan pelatihan  yang digelar maka diharapkan keberadaan Linmas betul-betul berfungsi dan berperan dalam menciptakan keamanan dan perlindungan kepada masyarakat, sehingga keberadaannya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. ”Linmas sebagai komponen dasar dalam sistem pertahanan dan keamanan nasional merupakan ujung tombak pertahanan dan keamanan. Setelah pelatihan ini anggota Linmas yang telah mengikuti pembinaan dapat diberdayakan oleh setiap pekon atau kelurahan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban umum di masyarakat,”harapnya.(trs)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top