Geliat Lampura

Harga Cabai Terjun Bebas, Daging Ayam Naik

Lampung Utara, lampungmediaonline.com – Setelah tembus di harga Rp 60 Ribu Perkilogram(kg) dan turun menjadi Rp 40 Ribu perkg. Kini harga Cabai Merah besar terjun bebas menjadi Rp 18 Ribu perkg.
Staf bagian lapangan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan(Diskoperindag) Lampura Rusli mewakili Kabid Perdagangan Yanurita mengatakan, hari ini(kemarin, Red) dirinya melakukan pengecekan sejumlah harga bahan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat di Pasar Sentral dan Pasar Pagi Kotabumi.
Dari hasil dirinya turun ke lapangan, harga cabai merah besar justru mengalami penurunan drastis yakni menjadi Rp 18 Ribu perkg. Sementara kenaikan harga justru dialami ayam potong, saat ini harga ayam potong yang sudah mati dijual dengan harga Rp 40 Ribu per ekornya. Padahal sebelumnya harga ayam potong hanya mencapai Rp 30 Ribu per ekornya.” Kalau harga cabai justru turun drastis, tapi kalau ayam potong naik ini. Hal itu disebabkan karena tingginya permintaan masyarakat terhadap daging ayam, sementara pasokan berkurang. Sekarang ini banyak masyarakat yang pesta jadi banyak yang nyari ayam potong,”ujar Rusli saat diwawancarai di ruang kerjanya Jum,at (15/7).
Rusli menjelaskan, sementara untuh harga gula pasir di tingkat eceran masih tinggi yakni Rp 16 Ribu perkg. Untuk daging sapi murni masih tinggi yakni Rp 130 Ribu perkg, kemudian daging ayam ras Rp 40 Ribu perekor sebelumnya Rp 50 Ribu perekor, jika dibeli dengan jumlah besar Rp 38 Ribu perekor. Sementara untuk daging ayam kampung dijual dengan harga Rp 55 Ribu perekor, sebelumnya Rp80 Ribu perekor tergantung besar kecilnya ayam.” Kalau untuk kentang harganya turun dijual sebelumnya Rp 18 Ribu saat ini sudah Rp 16 Ribu perkg. Sementara untuk Cabai Rawit sebelumnya Rp 30 Ribu saat ini sudah turun menjadi Rp 20 Ribu perkg,” ungkapnya.
Penurunan harga tambah Rusli, juga dialami Buncis sebelumnya harga buncis mencapai Rp 11 Ribu perkg saat ini sudah Rp 8 Ribu perkg. Sementara untuk bawang merah malah mengalami kenaikan, sebelumnya Rp 35 Ribu saat ini sudah Rp 40 Ribu perkg, harga ini naik kembali setelah sebelumnya turun pada Senin(11/7) lalu.
Sedangkan untuk harga bawang putih tetap di posisi normal yakni Rp 30 Ribu perkg, sementara untuk harga kelapa kupas sudah di harga normal yakni Rp 8 Ribu perbutir dari sebelumnya Rp 13 Ribu perbutir.” Untuk harga lada masih tetap yakni Rp 102000 perkg, kopi biji Rp 18 Ribu perkg, coklat Rp 34 Ribu, karet Rp 5.200 perkg. Sementara untuk harga kelapa sawit turun dari sebelumnya Rp 1.465 menjadi Rp 1200, singkong sebelumnya Rp 905 menjadi Rp 900 perkg,”pungkasnya.(Arief)

BACA JUGA:  Hari Pertama Ops Patuh, Sat Lantas Polres Lampura Tilang 234 Pelanggar

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top