Pendidikan

Kemendikmud ubah UN menjadi US di Tingkat Sekolah Dasar

Bandarlampung, LM-Terkait penghapusan ujian nasional (UN) untuk jenjang sekolah dasar (SD) menjadi ujian sekolah (US) oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2014, pihak sekolah tetap melakukan persiapan dengan mengadakan pelajaran tambahan dalam menghadapi US, yang dinilai bobot materi soal tidak jauh berbeda dengan UN. Hal ini disampaikan Kepala SDN 2 Rawalaut Bandarlampung, Andasia Malyana saat ditemui pada, Selasa (11/2).

“  Dari segi persiapan tidak ada perbedaan dengan tahun sebelumnya, kita tetap mengadakan pelajaran tambahan untuk mata pelajaran yang akan di US kan, ini sudah berjalan sejak awal januari lalu,” ujarnya.

Lanjut Andasia, pelajaran tambahan diberikan tanpa ada pungutan biaya dengan melibatkan guru yang berkompeten dibidangnya. Selain itu akan diadakan try out pada maret mendatang yang soalnya dibuat Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S).

Agar konsentrasi siswa tidak terganggu, khusus siswa kelas 6 kegiatan ekstrakurikuler (Ekskul) agak dikurangi sejak awal semester ganjil yang lalu. “ Kita batasi kegiatan ekskul  untuk siswa kelas 6, agar mereka fokus mempersiapkan diri mengahadapi US pertengahan Mei mendatang,’’ jelasnya.

Menurutnya, meski UN ditiadakan tidak akan mempengaruhi kualitas soal dan standar kelulusan siswa, karena pembuatan soal dilakukan pemerintah provinsi Lampung bersama tim guru yang berkompeten dari kabupaten atau kota yang ada di provinsi Lampung.

“ 75 persen soal US dipersiapkan daerah dan sisanya 25 persen dari pusat, dan untuk kelulusan ditentukan dewan guru berdasarkan hasil Us tersebut,” terangnya.

Dia menambahkan, mengenai petunjuk teknis pelaksanaan US tersebut belum diterima dari Dinas Pendidikan (Disdik)Provinsi Lampung. Meski demikian dia menegaskan sekolahnya siap melaksanakan US sesuai ketentuan yang akan ditetapkan pemerintah pusat. (Ton)

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top