politik

Baleho Kembali Menjamur

Bandarlampung,LM- 

Baleho calon anggota legislatif dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) saat  ini mulai menjamur lagi di berbagai tempat. Padahal,  alat peraga kampanye tersebut baru ditertibkan oleh pihak yang berwenang. 

 Munculnya baleho baru caleg dan calon DPD di tempat –tempat umum ini, dinilai Bawaslu Lampung telah melanggar aturan yang ada. 

Menurut Anggota Bawaslu Lampung, Ali Sidik, saat ini jajarannya menemukan 10 ribu lebih pelanggaran kampanye yang dilakukan partai politik peserta Pemilu 2014 serta calegnya di wilayah Lampung. Pelanggaran itu berupa pemasangan ribuan alat peraga kampanye yang melanggar aturan berupa spanduk, baliho, dan banner yang tersebar hampir merata di 14 kabupaten/kota

Menurut dia, pelanggaran tersebut meliputi jumlah alat peraga, ukuran alat peraga, dan cara memasang alat peraga kampanye yang tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Sesuai aturan satu desa hanya boleh dipasang satu baliho partai politik dan satu spanduk per rukun warga (RW). “Namun kenyataannya jumlah baliho yang dipasang per desa atau kelurahan lebih dari satu baliho dan spanduk. Padahal baru kemarin diturunkan oleh sat pol pp,” kata dia.

Ali Sidik menambahkan, pelanggaran bukan hanya dalam jumlah alat peraga yang dipasang. Lebih dari itu, ukuran spanduk alat peraga kampanye maksimal sepanjang 10,5 meter. Tapi di lapangan ada spanduk ang melebihi panjang 10,5 meter.

Atas temuan pelanggaran pemasangan alat peraga kampane Pileg 2014 itu, pihaknya juga berkirim surat rekomendasi kepada KPU Lampung maupun Kabupaten/ kota. Bahkan jajarannya juga sudah menyurati pimpinan partai politik agar mengingatkan kepada calegnya agar tidak memasang alat peraga kampanye yang tidak sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013 tentang pedoman alat peraga kampanye

LAMPUNGMEDIAONLINE.COM adalah portal berita online dengan ragam berita terkini, lugas, dan mencerdaskan.

KONTAK

Alamat Redaksi : Jl.Batin Putra No.09-Tanjung Agung-Katibung-Lampung Selatan
Telp / Hp: 0721370156 / 081379029052
E-mail : redaksi.lampungmedia@gmail.com

Statistik

Copyright © 2017 LampungMediaOnline.Com. All right reserved.

To Top